Cara Install Web Server dan Konfigurasinya Di Debian Server Wheezy 7.7

Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

Aplikasi Web Server yang terkenal adalah Apache. Apache merupakan aplikasi free berbasis OpenSource yang dikenal tangguh dan sering dipakai oleh server-server di seluruh dunia. Apache sendiri sudah tersedia di repositori DVD maupun internet Debian 7.x, sehingga kalian tidak perlu lagi susah-susah mendownload Apache di Internet.

Mengistall Apache pada Debian yaitu dengan perintah :

root@beny:~# apt-get install apache2 php5
Untuk melihat hasil dari apache2 atau webserver ini silahkan dari sisi client anda membuka webbrowser masukan link yaitu ip server “192.168.36.254” maka akan muncul yang bertuliskan “It work’s” seperti gambar dibawah

Seluruh konten dari web ini dapat kalian tambah atau edit sesuka hati kalian dengan menaruh konten webserver atau cms-smc tertentu di directori root milik apache2 yaitu di
“/var/www”
Menguji Webserver dengan php script

#nano /var/www/test.php

Perintah diatas digunakan untuk membuat file test.php di direcktori /var/www atau root dokumen milik apache2 , isi dari file tersebut yaitu :

<?php
phpinfo();
?>

Kemudian anda keluar dan simpan dengan tekan ctrl+x tekan y tekan enter
Buka kembali dari client yaitu 192.168.137.2/test.php maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


-SELESAI-

No comments:

Post a Comment

=> gunakan komentar yang sopan
=> jangan menggunakan spam

Back To Top