Pengertian HTML dan PHP




»HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Contoh struktur penulisan Html
<html>
<head>
<title>
</title>
</head>
<body>


</body>
</html>

Setiap ada tag pembuka maka harus ada tag penutup yang ditandai dengan tanda "/". Contoh :<title></title>, <body> </body>,<html></html>.
Antara tag <title> </title> digunakan untuk menulis judul halaman web yang bersangkutan. Contohnya adalah tulisan "beny akbar hidayat" yang ada pada pojok kiri atas halaman ini maka penulisannya menjadi :
<html>
<head>
<title>beny akbar hidayat
</title>
</head>
<body>


</body>
</html>

Sedangkan antara tag <body> </body> digunakan untuk mengisi apa yang akan ditampilkan pada halaman anda, bisa berupa tulisan, gambar, link dan sebagainya.
Adapun beberapa tambahan yang dapat ditambahkan pada tag <body> adalah sebagai berikut:
Meberikan warna background pada halaman web :
<body bgcolor="blue">
Atau dapat juga menggunakan kode warna Hexa (RGB /red-green-blue) yang terdiri dari 6 karakter yang terdiri dari gabungan angka dan huruf, dan penulisannya juga harus diawalai dengan tanda "#"(pagar). 2 karakter pertama mewakili warna merah yang dimulai dari paling rendah 00 sampai paling tinggi ff, atau bisa juga kombinasi huruf dan angka tadi. Begitu juga 2 karakter berikutnya mewakili warna hijau dan 2 karakter berikutnya mewakili warna biru.
contoh penulisan kode untuk warna hitam #000000, putih #ffffff, merah #ff0000, abu-abu #d3d3d3 dan lain lain sesuai dengan keinginan anda.
Memberikan background gambar
<body background="gambar.jpg">
Penulisan format gambar juga harus disertakan seperti *.jpg, *.gif, *.bmp dan lain-lain
Jika ingin menginginkan warrna background transparan maka ditulis dengan <body bgcolor="transparent">
Memberikan warna teks
<body text="#000000">
Mengatur margin halaman
<body leftmargin="20" topmargin="20">
mengatur warna link
· <body link="#ff0000"vlink="#00ff00"
alink="#0000ff">
Dan jika semuanya ditulis bersamaan maka menjadi :
<body bgcolor="blue"text="#000000"

leftmargin="20" topmargin="20"

link="#ff0000"vlink="#00ff00"alink="#0000ff">

PHP merupakan script yang menyatu dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). Dengan PHP ini Anda dapat membuat beragam aplikasi berbasis web, mulai dari halaman web yang sederhana sampai aplikasi komplek yang membutuhkan koneksi ke database.
Contoh Struktur Penulisan PHP
Dalam pembuatan file PHP sama dengan cara pembuatan file HTML, kita bisa menuliskan script PHP di text editor seperti notepad dan lain-lain. Untuk menulis script/baris kode PHP kita harus mengapit setiap baris kode tersebut dengan tag "<?php" sebagai awal dan tag ?> sebagai akhir dari script PHP. Jika kita mengetikan kode di luar tag tersebut tidak akan dianggap sebagai sebagai script PHP oleh PHP engine, melainkan akan dianggap sebagai kode HTML. Biasanya di dalam sebuah file PHP mengandung tag HTML dan baris kode PHP. Berikut contoh pembuatan file PHP:
<html>
<head>
<title>Belajar PHP</title>
</head>
<body>
<h1>Halaman Pertama PHP</h1>

<?php
echo "Lagi semangat belajar PHP";
?>
</body>
</html>


 Tulis syntax di atas menggunakan text editor kesukaan anda misalnya Notepad pada Windows atau Gedit pada Ubuntu. Kemudian simpan dengan nama yang anda sukai namun harus berakhiran ".php" dikarenakan default file PHP berakhiran "*.php", misalkan "contoh.php" tanpa tanda kutip.

Keterangan:

Baris kode PHP harus selalu diakhiri dengan tanda titik-koma ";" sebagai akhir dari baris script PHP, seperti contoh di atas yaitu (echo "Lagi semangat belajar PHP";).

Echo pada contoh script di atas digunakan untuk menampilkan output berupa text di browser.

Cara menjalankan/mengeksekusi file PHP yaitu buka browser ketik URL localhost/nama_file_PHP_anda. Jika pada contoh gambar diatas URL yaitu localhost/belajar.php.

thanks to Sumber :D

1 komentar:

  1. artikel ini penulisan sangat jelas dan mudah dipahami, jd bisa langsugn buat belajr dan tutorial nih kalo untuk yang lagi belajar ngoding :D
    bagus laah.. kalo bisa tambahin tutorial script2 nya yaa ;)

    Domain .COM & Web Hosting Murah ; http;//jaringanhosting.com

    ReplyDelete

=> gunakan komentar yang sopan
=> jangan menggunakan spam

Back To Top